Selasa, 21 Desember 2010

TURN THE UGLY DUCKLING INTO THE SWAN

Roma 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.



Tema film yang cukup menarik untuk saya tonton adalah tentang sebuah transformasi kehidupan seseorang, yang awalnya berwajah dan bertubuh jelek, tapi kemudian melalui suatu proses atau peristiwa, maka ia berubah menjadi cantik atau ganteng dan luar biasa. Atau dari seorang yang tidak terkenal, selalu dipojokkan, diejek dan direndahkan, tapi kemudian mengalami satu peningkatan dalam kehidupannya sehingga ia berubah menjadi orang yang luar biasa. (Khas selera seorang wanita, bukan?).

Kisah-kisah Cinderella sudah diadaptasi ke dalam banyak kisah lainnya. Dari si miskin, kemudian terjadi perubahan nasib besar-besaran dan membawa dia ke dunia lain. Karena dipertemukan dengan pangeran tampan dan kaya yang jatuh cinta kepadanya, maka berubahlah ia menjadi putri cantik yang kaya raya, dan mereka pun hidup bahagia selama-lamanya. (Hahahah..saya punya banyak kisah seperti itu dalam karangan saya sewaktu kecil).

Saya sendiri tidak pernah bisa menganggap bahwa saya dilahirkan dalam segala kesempurnaan. Orang tua saya berasal dari kalangan pedagang kelas menengah kalau tidak bisa juga dikatakan kelas bawah. Kekayaan mereka tidak seberapa walau tidak bisa juga dikatakan kurang.

Secara fisik, saya tidak dilahirkan dengan tubuh seperti seorang model yang kurus tinggi langsing, justru sebaliknya. Saya agak pendek (yang jelas saya paling pendek di keluarga saya, bahkan sampai sekarang, karena keponakan-keponakan saya tumbuh dengan pesat melewati tinggi badan saya), wajah yang biasa-biasa saja (setidaknya ketika itu saya menganggap demikian), dan bukan yang pandai berdandan. Cara berpakaian saya sangat sederhana dan sama sekali tidak mengikuti trend mode.

Secara intelektual juga sangat rata-rata. Nilai-nilai saya pas-pasan, yang penting lulus...(senyum malu). Pokoknya, secara keseluruhan, rasanya tidak ada yang terlalu bisa saya banggakan. Saya bisa katakan semuanya itu sangat rata-rata.

Jadi, anda tidak heran jika saya menyukai kisah-kisah seperti itu kan? Ya, karena itu adalah impian saya. Harapan terbesar dalam hidup saya adalah mengalami satu perubahan besar-besaran dalam hidup saya, dan bisa membawa saya keluar dari kehidupan yang seperti dulu itu dan menjadi seorang pribadi yang berbeda luar dalam.

Tetapi sayangnya, semua kisah yang saya baca dan saya tonton itu tidak pernah terjadi dalam hidup saya. Tidak pernah ada seorang peri yang mampir di rumah dan mengubah saya menjadi putri yang cantik dengan gaun yang indah walau hanya untuk beberapa jam saja, juga tidak pernah bertemu dengan seorang pangeran dari negeri antah berantah yang bisa membawa saya menuju dunia impian tersebut. Tidak ada satupun dalam kisah itu yang terjadi seperti yang saya harapkan. Semua kisah itu tetap hanya menjadi impian, dan hanya dongeng belaka.

Saya yakin sekali, banyak diantara anda yang seperti saya. Mengharapkan keajaiban yang tiba-tiba terjadi dalam kehidupan kita untuk mengubah nasib atau situasi dalam hidup kita. Pengalaman satu malam yang membawa kita ke dunia yang berbeda.

Tapi anda tahu, apa yang saya alami bertahun-tahun kemudian, benar-benar membawa saya dalam perubahan yang lebih fantastis dari yang bisa saya bayangkan. Sebuah perjumpaan istimewa dengan Sang Pangeran Tampan dari negeri yang jauh. Pujaan hati yang tidak ada tandingannya. Dengan segala yang Ia miliki, membuat hati saya meleleh. Berada di dekatNya membuat saya merasa kecil sekali, tapi sekaligus sangat bahagia. KeberadaanNya membuat mata saya tidak bisa beranjak dari memandang wajahNya. Ia benar-benar merupakan Pangeran impian yang saya nanti-nantikan selama ini. Dan satu hal yang sangat perlu engkau ketahui, Ia sangat sanggup mengubahkan kehidupan saya. Sebuah transformasi besar-besaran Ia lakukan dalam hidup saya. Amazing!!!

Yesaya 55:8-9 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Ia tidak selalu melakukan semua yang persis saya ingini. Tapi bisa saya katakan, kalau Ia selalu punya cara dan rencana yang jauh lebih baik dari apa yang bisa saya bayangkan. Bahkan Ia memperbaiki semua impian saya, dan memberikan sentuhan akhir seorang maestro yang sangat indah. Dalam segala hal, Ia sungguh turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi saya yang mengasihi Dia. Wow!!! Sekali lagi saya Cuma bisa mengatakan ‘Amazing!!’.

Si bebek kecil yang buruk rupa, dengan sentuhan sang Maestro, berubah menjadi angsa yang cantik. Tidak ada yang bisa menandinginya. Tidak pernah sekalipun saya berpikir bisa menjadi seperti hari ini. Kalau anda kenal saya bertahun-tahun yang lalu, anda pasti bisa melihat perubahan besar dalam hidup saya. Tidak akan ada yang bisa memungkiri hal itu.

Tapi anda salah besar jika berpikir bahwa perubahan itu terjadi secara fisik. Sama sekali bukan begitu. Perubahan besar yang terjadi dalam hidup saya adalah secara roh jiwa saya. Sebuah transformasi yang ternyata membawa pengaruh besar dalam seluruh kehidupan saya. Itulah yang terjadi.

Saya mempunyai cara pandang yang beda dalam mengerti tentang kasih karunia itu. Sangat jauh berbeda. Dan saya menyukai perbedaan itu, membawa saya dalam pengenalan yang lebih dalam akan pribadi Tuhan itu.

Ia mengangkat saya, jauh dan tinggi. Ia tidak ijinkan satu pikiran pun yang membuat saya merasa tidak berarti. Ia benar-benar mengembalikan gambar dan rupa Allah dalam hidup saya, dengan segala kesabaran dan kasihNya yang sempurna.

Dulu, saya cukup minder jika bertemu dengan orang-orang yang entah karena kepandaiannya, parasnya, atau kekayaannya jauh diatas saya. Sulit rasanya untuk bergaul dengan mereka. Bahkan saya cenderung menghindarinya.

Sampai ketika Tuhan mengembalikan gambar diri itu, semuanya berubah. Saya tahu bahwa saya tidak perlu malu menghadapi mereka semua. Saya tidak perlu merasa minder. Saya diciptakan dengan banyak kelebihan yang Tuhan beri. Segala nilai positif itu akan membantu saya bertemu dengan banyak orang, melengkapi apa yang mereka tidak miliki. Dan tentunya, semuanya itu Tuhan beri sebagai bagian dari kasihNya kepada saya. Di atas semuanya, penyertaan Tuhan itulah yang sungguh nyata dalam hidup kita. PenyertaanNya yang selalu membuat saya nyaman dan merasa confident. Ia yang mengangkat saya jauh dan tinggi. He’s good.

Pangeran tampan saya itu benar-benar mukjizat buat hidup saya. JamahanNya mengubah saya, dari seorang upik abu menjadi cinderella. Sekali lagi, bukan secara fisik. Jauh lebih dahsyat dari apa yang bisa kita pikirkan. Melalui Dia, sekarang saya sanggup melakukan segala perkara, karena ada kekuatan yang luar biasa yang Ia berikan dalam hidup saya.

He really turn the ugly duckling to the swan. Halleluya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar